BERDOA HANYA PADA-NYA

Allah memerintahkan kita untuk beribadah kepada Nya semata, dan memperingatkan kita agar tidak beribadah kepada syaiton. Allah berfirman: “Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu wahai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaiton? Sesungguhnya syaiton itu musuh yang nyata bagimu. Dan hendaklah kamu menyembahKu. Inilah jalan yang lurus”. (Yasin: 60-61)

Berdoa kepada selain Allah untuk memenuhi kebutuhan, menolak bencana atau mencari kesembuhan dari penyakit, kesemuanya dapat mengotori akal dan membutakan mata hati. Allah berfirman, “Katakanlah: ‘Apakah kita akan menyeru kepada selain Allah, sesuatu yang tidak dapat mendatangkan manfaat kepada kita dan tidak pula mendatangkan kemudharatan kepada kita dan (apakah) kita akan dikembalikan ke belakang sesudah Allah member petunjuk kepada kita’”. (Al-An’am: 71)

Berdoa kepada dzat yang tidak dapat memberikan manfaat dan bahaya, yang tidak mampu memerintah dan melarang, tidak mampu mendengar dan tidak mampu memperkenankan doa adalah kebodohan. Sama saja, apakah berdoanya kepada nabi dan rosul, jin atau malaikat, bintang-bintang atau benda langit lainnya, pepohonan dan bebatuan serta orang-orang shalih yang sudah mati, semuanya adalah kedzaliman yang besar.

sumber: anonim. 2004. “Jangan Kepada Selain-Nya”. elfata vol 4 no 12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: